COMPARISON: Fanbo Eye Pen Liner & Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner


Setahun yang lalu pas cinta gue terhadap make up mulai bersemi, merk lokal pada umumnya cuma memproduksi eyeliner dalam bentuk pensil, retractable pencil, gel, atau cair. Sedangkan gue pengen banget punya yang versi pen/spidol. Kenapa? Soalnya lebih praktis dan gampang di pakenya ketimbang yang gel atau liquid, apalagi untuk pemula kayak gue.


Akhir tahun 2015 gue beli Fanbo Fantastic Eye Pen Liner secara gelap mata, tanpa baca review, hanya berdasarkan keinginan untuk punya eyeliner pen. Kemudian takdir mempertemukan gue dengan Wardah EyeXpert Optimum Hi-black Liner beberapa bulan yang lalu. Entah kenapa pas liat ini dengan packaging yang sleek and eye catching, ditambah lagi diskon %20, tanpa pikir panjang gue langsung bawa ke kasir. Now let's compare these two local eyeliner pens!

Kiri - kanan : Fanbo Fantastic Eye Pen Liner,
Wardah EyeXpert Optimum Hi-black Liner

PACKAGING:
They both have the same marker/pen type of packaging and felt tip type. Bedanya yang Fanbo terasa lebih ringan dan kayak plastik, sedangkan Wardah lebih berat dan terasa lebih kokoh. Cuma yang Fanbo lebih gendut daripada yang Wardah. Dua-duanya menurut gue bisa menghasilkan garis mulai dari tipis sampe tebal, dan sangat presisi karena felt tip nya yang runcing, walaupun yang Fanbo keliatannya mulai rawan tumpul. But like I said, Wardah's packaging looks eye catchy and more expensive, so I prefer Wardah in this point.
SKOR Fanbo = 0 | Wardah = 1

TEXTURE/FORMULA:
Kalian pasti udah tau ya kalo eyeliner pen is basically liquid eyeliner in a form of pen. So both of them are equally liquidy. Tapi yang Wardah lebih cepat kering di kulit dibandingin sama yang Fanbo punya. Kecepatan keringnya eyeliner penting banget buat gue karena mata gue hooded, jadi pasti kelipet, mendelep, duh apa ya istilahnya kalo di bahasa Indonesia? Sipit? ("-___-). Intinya kalo eyeliner nggak cepet kering, otomatis pas gue buka mata, yang ada eyeliner nya malah pindah ke kelopak mata bagian atas. Apalagi kalo bikin winged eyeliner yang rada gede. Pasti langsung nempel kemana-mana. Selain itu, punya Wardah juga lebih intens warna hitamnya, sesuai dengan namanya "Optimum Hi-Black". Jadi Wardah masih memimpin di poin ini.
SKOR Fanbo = 0 | Wardah = 2

Clockwise : Eyeliners swatched, Smuge test, Water test, Setelah water test

LONGEVITY:
Apakah kedua eyeliner ini waterproof, transfer proof dan smudgeproof sesuai dengan apa yang tercantum di packagingnya?. Punya Fanbo sayangnya tidak memiliki faktor X tersebut. Pas jepit bulu mata, dia langsung nempel ke eyelash curler, jadi harus di tambal lagi. Pas dibawa jalan-jalan cantik keliling mall masih cakep, tapi begitu kena wudhu dia langsung luntur, walaupun nggak langsung hilang, tapi lunturannya itu bikin mata panda. Udah jelas kalo kena kucek itu eyeliner juga pasti langsung belepotan. Sedangkan kalo eyeliner Wardah cukup awet seharian. Nggak transfer ke eyelash curler, kena wudhu pun nggak luntur, dan tetap smudgeproof meskipun udah kena air. Walaupun dy smudgeproof di tangan, gue masih nggak 100% yakin dia bakal tetap smudgeproof di kelopak mata pas kondisinya lagi lembab/basah, soalnya kelopak mata gue rada berminyak. Jadi lebih baik hindari kucek-kucek mata pas lagi keringetan atau habis wudhu. But still, another thumbs up for Wardah *ding*.
SKOR Fanbo = 0 | Wardah = 3

Di smudge lagi setelah kena air

So, the winner for this first seri of Comparison is Wardah EyeXpert Optimum Hi-black Liner!. Dari segi harga mereka nggak beda jauh. Seinget gue harga Fanbo dan Wardah itu pas gue beli sekitar 40 ribuan setelah diskon 20%. Jadi harga aslinya paling 60 ribuan. Tapi sayangnya kualitas Fanbo masih dibawah Wardah, walaupun claim mereka juga mirip-mirip. Semoga aja pihak R & D (Research & Development) Fanbo ada yang baca postingan ini terus meningkatkan kualitas eyeliner pen mereka untuk kedepannya, biar nggak kalah saing sama brand lain. 

Buat kalian yang mau cari eyeliner pen, gue saranin untuk beli yang merk lokal kayak Wardah ini. Selain harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan brand luar negri, kualitasnya juga nggak kalah bagusnya kok. Hope you guys find this post helpful. See ya! :)

Comments

  1. Aaaakk makasih banyak riviunya mbak! Aku lagi nyari eyeliner nih, yg murah meriah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama evitaa. Makasih juga udh mampir. Semoga eyeliner nya cocok juga di kamu ya :)

      Delete
  2. ini kenapa kejadian beli eyeliner fanbo nya sama persis kayak aku...
    Sayang banget yang fanbo kurang item warna nya jadi harus berkali-kali di apply. Udah aku suka pake liquid eyeliner di waterline, baru sebentar udah kemana-mana.
    Kalo wardha belum pengen coba niih, tunggu yang maybelline habis baru bakalan beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dari dulu maju mundur mau beli eyeliner maybelline. Habis lumayan mahal ya, walaupun udah diskon juga hehe

      Delete
  3. Great comparison dear! There is a clear winner for sure :D
    Gemma x
    www.jacquardflower.uk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Wardah checked all the things I want for an eyeliner :)

      Delete
  4. its clear who the winner is, may have to buy this! aquateraa.blogspot.co.uk

    ReplyDelete
  5. Nice blog post. Great comparison and the best won in the end. Wardah EyeXpert you are the best.

    Spa and Beauty Deals UAE | SavnPik: Latest Daily Deals in Dubai, AbuDhabi | Online Fashion Deals UAE

    ReplyDelete
  6. samaa, aku juga matanya hooded dan kelopak matanya mendelep (?) XD hehe. aku juga penasaran sama eyeliner pen wardah, kayanya lebih gampang dan kuasnya ga letoy gitu^^ makasih pencerahannya ka, hehe^^

    hollabeautievers14.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW: ELF Contouring Blush & Bronzing Powder (St. Lucia)

Lipstik Matte Lokal #2 (Beware, It's A Long Post)