REVIEW : Mineral Botanica Loose Powder Foundation & Face Mist


Hai hai! Masih dalam rangka review produk lokal... Kenapa? Soalnya dari awal 2016, banyak banget brand kosmetik lokal yang rilis produk-produk baru. Mungkin kalian udah familiar sama brand Mineral Botanica Cosmetic (MiCa), karena Soft Matte Lip Cream MiCa banyak seliweran di instagram. Tapi gue beli Loose Powder Foundation sama Face Mist, karena sampe sekarang brand lokal emang jarang produksi Loose Powder Foundation. Di tambah gue juga nyari alternatif-nya Anna Sui Loose Powder Foundation yang dipake nyokap, we all know Anna Sui price range is far from affordable. Kalo Face Mist nya sih gue sekedar penasaran aja, karna belum nemu lagi Bali Alus Face Spray favorit gue. Yuk langsung review!




MINERAL BOTANICA LOOSE POWDER FOUNDATION (BEIGE)
Loose Powder Foundation ini sama kayak bedak tabur pada umumnya. Kemasannya standar, pake tutup yang di puter gitu, dan ada puff lembut di dalam yang berfungsi untuk aplikasiin si bedak ke muka kita. Puff-nya bisa langsung dipake untuk bedakan, tapi gue sendiri lebih suka pake buffing brush yang agak gede, jadi bedakannya lebih cepet! Pernah juga gue coba aplikasiin pake blender sponge ala-ala Beauty Blender, tapi lama!. Tekstur loose powder foundation ini lebih halus ya dari bedak tabur biasanya dan gampang banget nge-blend alias nyatu sama kulit.


Untuk pilihan warna, MiCa Loose Powder Foundation ini terdiri dari 3 varian: Light, Natural, sama Beige. And I'm glad I picked Beige, karena Beige masih sedikiiit lebih terang untuk kulit gue yang tergolong light to medium. Coverage bisa dibilang light to medium, cukup untuk nutupin warna kulit yang nggak rata, kemerahan atau bekas jerawat yang nggak terlalu parah. Sifatnya juga buildable, jadi bisa di tumpuk sampe 2-3 layer.

Saran pemakaian buat kalian yang kulitnya normal to oily kayak gue, sebelum pake Loose Powder Foundation, pake pelembab/primer/make up base yang sifatnya ringan aja, kadang gue nggak pake base sama sekali malah. Kesan awal setelah pake bedak ini, muka keliatannya flat, tapi setelah nyerap ke kulit dan beradaptasi sama temperatur tubuh kita, foundationnya akan terlihat lebih natural dan glowing! Sesuai sama tulisan di kemasannya. Staying power-nya juga oke, bisa dipake seharian apalagi kalo sehari-hari cuma di dalam ruang ber-AC. Walaupun kena wudhu nggak akan langsung luntur, kalo mau di touch up juga gampang. Tapi emang harus hati-hati, karena loose powder kalo nggak bener nutupnya, bisa tumpah kemana-mana.

Pokoknya two thumbs up buat MiCa Loose Powder Foundation! Gue pake ini tiap mau pergi, it's one of my go to make up product, bahkan ke kondangan pun suka gue pake kalo lagi males pake foundation cair atau lagi nggak sempet dandan full make up.



MINERAL BOTANICA FACE MIST
Lanjut ke Face Mist... MiCa Face Mist ini katanya berfungsi sebagai base sebelum penggunaan make up, bisa juga sebagai setting spray agar make up lebih tahan lama, atau sebagai penyegar muka di tengah hari setelah panas-panasan. Unfortunately, none of them worked for me. Tapi gue tidak menyalahkan atau menyatakan kalo Face Mist ini jelek yaa.. Gue justru menyalahkan diri gue sendiri yang punya kulit cenderung berminyak, makanya face mist ini kurang cocok di gue.

Meskipun bentuknya cair, face mist ini memberi kesan agak lengket. Awalnya gue pikir ini wajar, karena make up base pada dasarnya berfungsi supaya foundation jadi lebih nempel di kulit. Gue udah coba pake face mist ini sebelum pemakaian MiCa Loose Powder Foundation, tapi karena kedua produk ini cenderung melembabkan kulit, di tambah kulit gue yang dari sononya udah berminyak, jadi baru dipake 1-2 jam aja muka langsung berubah jadi kelewatan kinclong. Begitu juga kalo dipake sebagai setting spray atau cuma sekedar semprot-semprot di tengah hari, boro-boro bikin make up lebih awet, justru bikin muka gue terasa lebih berat karna minyak di muka gue juga udah muncul ke permukaan.


Menurut gue Face Mist ini lebih cocok untuk kalian yang jenis kulitnya Normal to Dry, karena sifatnya yang melembabkan itu. Sedangkan untuk kalian yang senasib sama gue, bukannya gue menyarankan untuk menghindari produk ini, kalo kalian penasaran, Face Mist ini bisa di akalin untuk mengimbangi produk make up yang kalian punya yang bikin muka kalian jadi lebih kering, atau ada dry patches di beberapa bagian di muka kalian. Baru-baru ini juga MiCa rilis Face Mist Acne Care untuk kulit yang gampang jerawatan. Kayaknya sih yang versi Acne ini akan lebih cocok untuk kita yang kulitnya cenderung berminyak. *masukin wishlist*

Buat kalian yang pengen beli produknya MiCa, bisa order langsung ke MiCa via WhatsApp di nomor +6281286136038, bisa juga cek di Facebook Page MiCa untuk liat list toko kosmetik di daerah kalian yang jual produk MiCa. Daaan kalo kalian tinggal di Tangerang Selatan dan sekitarnya, produk MiCa tersedia di Giant Ekstra BSD sebrang German Centre, stoknya lumayan komplit, dan nggak jarang ada diskonnya juga loh!. Gue nggak sabar pengen cobain produk MiCa yang lain, tapi untuk sementara cuma bisa elus-elus dada sama dompet dulu hehe. Semoga kalian nggak capek ya baca review gue yang puanjang ini. Makasih udah mampir! :)

Comments

  1. Hi Sitha :)

    Aku juga kurang cocok sama si facemist ini, kulit aku juga combi normal to oily. Agak lengket jadinya, dan jarang dipakai buat ngunci makeup. Aku biasanya pakai ini pas lagi dehidrasi aja kulitnya dan lagi gak makeup, biar berasa lebih lembab
    Kayanya si loose foundationnya bagus ya, nggak seberat twc yg umumnya ada deh. Aku masukin wishlist juga deh ;)

    destywidy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Desty, makasih udah mampir :) Iya kaan facemist nya kayaknya lebih cocok untuk yang kulitnya kering, mungkin kalo buat kita harus coba face mist yg seri acne care. Cobain deh loose foundation nya, menurut ku sih nggak kalah bagus sama loose foundation high end brand!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW: ELF Contouring Blush & Bronzing Powder (St. Lucia)

Lipstik Matte Lokal #2 (Beware, It's A Long Post)